Sultan Dicalonkan Keluarga Cikeas

Sultan Dicalonkan Keluarga Cikeas

\"Sultan-najamudin\"BENGKULU, BE - Tiga calon wakil gubernur dari Partai Demokrat hasil rekomendasi Majelis Tinggi Demokrat yaitu Hj Dian Syahroza, Sultan B Najamudin, dan Edison Simbolon, sudah diserahkan kepada Gubernur Bengkulu H Junaidi Hamsyah, Pukul 14.00 WIB, kemarin. Dari tiga nama tersebut, munculnya Sultan B Najamudin sangat mengejutkan. Sebab sebelumnya dia tidak bersedia menjadi wakil gubernur. Tapi, tiba-tiba namanya masuk sebagai salah satu calon yang direkomendasikan oleh Majelis Tinggi.

Menurut Sumber BE, Sultan B Najamudin maju menjadi wakil gubernur karena dicalonkan oleh keluarga Cikeas, atau presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Sebelum rekomendasi tersebut keluar, Sultan terlebih dahulu diundang ke Cikeas.  \"Seperti mendapat perintah melaksanakan tugas, Sultan bersedia maju sebagai calon wakil gubernur,\" ujarnya.

Namun, Sultan masih harus bersaing dengan 2 calon lainnya yaitu Edison Simbolon merupakan kubu Anas Urbaningrum dan Jonny Alen, serta Dian Syahroza merupakan kubu Marzuki Alie. Jika hanya partai Demokrat yang mengusulkan calon wagub, maka satu  diantara tiga nama harus dicoret. Tetapi, jika PAN yang juga partai pengusung mengusulkan calon lain, maka Demokrat hanya mengusulkan satu  nama dan PAN juga satu nama untuk diajukan ke DPRD.

\"Saat ini, pilihan berada di tangan Gubernur H Junaidi Hamsyah. Siapapun yang dicalonkan partai pengusung, Junaidi Hamsyah hanya akan memilih dua diantara calon tersebut,\" tuturnya. Sumber BE tersebut menyebutkan, kans Sultan sebagai calon yang diajukan keluarga Cikeas sangat besar dibandingkan calon lain.

Terlebih, Sultan merupakan adik kandung mantan Gubernur Bengkulu Agusrin M Najamudin, yang saat ini posisinya digantikan Junaidi Hamsyah. Dengan majunya Sultan, Junaidi tinggal mencari satu orang lagi, untuk mendampingi Sultan, dipilih di DPRD Provinsi.  \"Kemudian, 45 anggota DPRD Provinsi  akan menentukan siapa yang berhak mencari calon wakil gubernur,\" katanya.

Terkait pencalonan tersebut, pengurus DPD Denokrat, antara lain Edison Simbolon (Ketua) Ir Riza Nisbach (Sekretaris), Bustami TH (Waka II),  dan beberapa pengurus lainnya menghadap Gubernur H Junaidi Hamsyah di ruang kerjanya. Mereka menyerahkan surat rekomendasi Majelis Tinggi Demokrat yang ditanda-tangani Susilo Bambang Yudhoyono dan Jero Wacik. Selain rekomendasi Majelis Tinggi, juga ada rekomendasi yang ditanda-tangani Ketua Umum DPP Anas Urbaningrum.

Namun, nama-nama yang direkomendasikan sama, yaitu Dian Syahroza, Sultan B Najamudin, dan Edison Simbolon. \"Rekomendasi tersebut kita serahkan kepada gubernur, selanjutnya gubernur akan memilih siapa yang dianggap cocok dan pantas mendampinginya,\" Kata Ketua DPD Demokrat Edison Simbolon, usai menyerahkan rekomendasi kepada gubernur, kemarin.

Edison mengatakan untuk mengerucutkan menjadi dua nama diserahkan sepenuhnya kepada gubernur. Pihaknya berharap rekomnedasi tersebut agar dikeluarkan secepatnya. Sebab masyarakat sudah menunggu nama-nama cawagub. \"Soal siapa yang akan dipilih, menjadi kewenangan gubernur. Kita berharap gubernur bisa  secepatnya (mengkerucutkan), karena masyarakat sudah menungggu siapa yang akan dicalonkan,\" ujarnya.

Sementara, Gubernur Bengkulu H Junaidi Hamsyah mengatakan belum bisa menentukan siapa yang akan dipilih diantara tiga nama yang diajukan DPD Demokrat. \"Saya pelajari dulu (rekomendasi) Demokrat. Sambil menunggu rekomendasi dari PAN. Parpol pengusung kan ada dua, siapa yang akan direkomendasikan PAN, kita tunggu, baru bisa menentukan,\" ujar Junaidi Hamsyah, usia menerima rombongan Demokrat.(100)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: